Selasa , 26 September 2017
Breaking News
BRI Life yakin Produk Asuransi Mikro Bakal Jadi Andalan di Masa Depan

BRI Life yakin Produk Asuransi Mikro Bakal Jadi Andalan di Masa Depan

PT Asuransi BRI Life berencana meluncurkan produk asuransi mikro. Asuransi jiwa baru tersebut menargetkan pangsa pasar masyarakat kecil.

Anak usaha dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) itu yakin, produk asuransi jiwa mikro bisa menjadi salah satu pemasukan andalan di masa depan. Sebab sebagai pembawa nama besar BRI penjualan produk berbau mikro akan lebih mudah.

“Tapi BRI itu untuk diperbankan kan rajanya mikro. Jadi kita perlu memanfaatkan itu, jadi produk asuransi mikro akan kita jual juga memanfaatkan jaringannya BRI,” kata Direktur Utama BRI Life Rianto Ahmadi saat berbingan dengan beberapa media usai acara BRI Life Bancassurance Award Night 2017 di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Minggu (5/3/2017).

Rianto mengatakan, sebenarnya produk asuransi mikro tersebut sebelumnya sudah pernah ada dalam penjualan BRI secara utuh. Namun produk asuransi tersebut masuk ke dalam portofolio kredit BRI, sebab sebagai program bundling untuk penyaluran kredit.

“Harganya Rp 50.000 untuk proteksi setahun. Ada proteksi kematian karena kecelakaan dan proteksi kalau masuk rumah sakit, tapi sifatnya cash allowance. Itu sudah dijual diportofolio kredit BRI, salah satu yang terbesar di BRI. Walaupun sifatnya optional, jadi teman-teman yang jual kredit akan dikasih itu. Tapi ini akan dikembangkan, plus nanti kita buat produk asuransi serupa tapi berbeda untuk dijual di seluruh network penjualan BRI,” imbuhnya.

Untuk produk asuransi mikro yang lama itu, lanjut Rianto, memiliki 3 macam manfaat. Pertama jika meninggal karena sebab apapun dapat satunan Rp 2 juta. Tapi kalau meninggal karena kecelakaan santunannya sebesar Rp 19 juta.

“Kemudian kalau masuk rumah sakit karena sebab apapun, satu hari di opname ada cash allowance Rp 100.000, jadi kalau 10 hari Rp 1 juta. Tapi kita lagi siapkan untuk versi kedua ini. Tipenya sedikit lain, tapi sama proteksi selama 1 tahun, preminya tetap Rp 50.000,” terangnya.

Nantinya produk tersebut akan dijual menggunakan seluruh jaringan milik BRI, baik itu kantor cabang, cabang pembantu, sampai unit terkecil seperti Teras BRI. Dengan jaringan yang besar perusahaan yakin produk asuransi jiwa mikro seharga Rp 50.000 per tahun itu akan laris manis. Pihaknya menargetkan bisa meluncurkan produk tersebut dalam waktu dekat.

“Wah kalau targetnya seperti mimpi. Di BRI itu unit kerjanya ada kantor cabang, kantor cabang pembantu, ada unit, ada Teras BRI, itu kalau dijumlahkan lebih dari 10.000. Nasabah mikronya lebih dari 8 jutaan. Tapi produk mikro ini yang kita targetkan bukan hanya dijual ke nasabah mikro tapi seluruh nasabah, produk ini kan produk yang handy, gampang buat nambah-nambah proteksi,” terangnya.

Menurut Rianto jika dari 1 jaringan BRI terjual 3 polis dalam sehari. Maka dalam satu tahun penjualan produk asuransi jiwa mikro di seluruh unit kerja. Akan mencapai Rp 500 miliar.

Propellerads

“Bayangkan kalau 1 unit kerja jual 3 aja sehari, dalam setahun sudah 900an, katakanlah 1.000. Kalau 1.000 dari satu unit kerja kemudian ada 10.000, bisa 10 juta. Kemudian dikalikan Rp 50 ribu sudah Rp 500 miliar. Lumayan kan,” tegasnya. (ang/ang)

Sumber : finance.detik.com/moneter/d-3439033/bri-life-yakin-produk-asuransi-mikro-bakal-jadi-andalan-di-masa-depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*