Selasa , 26 September 2017
Breaking News
Klaim BPJS Kesehatan di Yogyakarta Jebol
Ribuan peserta BPJS Kesehatan di Yogyakarta tidak membayar premi kepesertaan mereka pada JKN KIS. Grafis/Istimewa

Klaim BPJS Kesehatan di Yogyakarta Jebol

Ribuan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Yogyakarta tidak membayar premi kepesertaan mereka pada Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS). Akibatnya, BPJS Kesehatan harus menanggung klaim biaya kesehatan masyarakat yang membengkak.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Yogyakarta, Sri Mugirahayu mengatakan, hingga akhir Desember 2016, BPJS Kesehatan mencatat penerimaan mereka dari pembayaran premi masyarakat seharusnya Rp268 miliar, namun ternyata penerimaan premi selama 2016 hanya Rp243,9 miliar.

Sehingga, masih ada sekitar Rp16 miliar tunggakan premi yang menjadi tanggungan dari peserta yang belum terbayarkan. “Memang masih banyak yang ngeyel,” ujarnya di Yogyakarta, Senin (30/1/2017).

Padahal, berdasarkan pencairan klaim dari rumah sakit yang menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk perawatan di Fasilitas Kesehatan di Yogyakarta, BPJS Kesehatan harus mengeluarkan uang sebanyak Rp862 miliar.

Sri menuturkan bahwa jumlah tersebut jauh lebih besar dibanding penerimaan premi asuransi kesehatan bersifat sosial ini.(izz)

Sumber : Klaim BPJS Kesehatan di Yogyakarta Jebol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*