Selasa , 26 September 2017
Breaking News
Tips Memilih Asuransi Syariah Terpercaya
Ilustrasi. (FOTO: MI/Atet Dwi Pramadia)

Tips Memilih Asuransi Syariah Terpercaya

Asuransi Syariah terpercaya memang merupakan hal yang harus dilakukan bagi setiap orang yang ingin menggunakan media asuransi syariah untuk membantu untuk memenuhi kebutuhan. Sebuah jenis produk terbaru dalam bisnis asuransi yang sedang banyak dibicarakan orang. Karena saat ini telah banyak lembaga keuangan berlabelkan syariah, baik itu bank syariah, asuransi syariah, penggadaian syariah maupun lembaga pembiayaan syariah. Hal tersebut menandakan bahwa lembaga keuangan syariah memang dibutuhkan oleh masyarakat. Maraknya lembaga keuangan syariah adalah sesuatu yang wajar, mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim dan nilai-nilai universal yang ada dalam ekonomi syariah seperti keadilan bagi nasabah dapat diterima oleh semua kalangan termasuk non-muslim.

Produk Asuransi Syariah, Ada Cara Untuk Memilih nya

Asuransi syariah makin banyak diminati oleh setiap kalangan, khusus nya umat muslim karena sistemnya yang sesuai dengan syariah dan ajaran agama islam. Maka dari itu , dengan makin banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi ini, tentunya pilihan (calon) nasabah menjadi semakin banyak, bukan hanya satu atau dua perusahaan yang menawarkan berbagai macam fitur produk asuransi syariah ini, tapi bahkan puluhan perusahaan yang memiliki produk asuransi tersebut. Dan sekarang pun banyak dari bank konvensional membuat divisi khusus untuk memperkenalkan dan menawarkan produk yang berbasis syariah ini. Nah, agar kita tidak salah memilih perusahaan yang menawarkan produk asuransi ini, berikut beberapa tips yang perlu kita perhatikan antara lain sebagai berikut :

  • Ketahui Kebutuhan. Semua orang membutuhkan jaminan dalam hidupnya, termasuk jaminan kesehatan, sampai dengan jaminan kematian. Untuk itu asuransi bisa dijadikan salah satu alternatif sebagai media yang mampu memberikan jaminan sesuai dengan keinginan. Namun untuk asuransi sendiri banyak pilihan produknya, karena itu berusaha untuk memilih produk asuransi sesuai dengan kebutuhan.
  • Tentukan Perusahaan Asuransi Syariah. Perusahaan asuransi di Indonesia sendiri sudah banyak, namun dari semua perusahaan asuransi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, untuk memilih perusahaan asuransi harus mementingkan beberapa faktor. Mulai dengan lama berdiri perusahaan asuransi tersebut sampai dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.
  • Dewan Pengawas Syariah (DPS). Dalam sebuah perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi syariah pasti akan ada dewan pengawas syariah atau DPS. Dewan Pengawas Syariah ini bertujuan untuk mengatur dan juga menjamin produk asuransi syariah yang ditawarkan kepada nasabah nya sudah sesuai dengan syariat agama islam.
  • Kejelasan Akad Asuransi Syariah. Kesepakatan dalam perjanjian asuransi syariah ini ditandai dengan adanya akad. Sebelum melakukan akad atau perjanjian ini, ada baiknya untuk memeriksa kembali semua hal yang berhubungan dengan produk asuransi tersebut. Misalnya saja dengan memeriksa premi atau polis asuransi, dan sebagainya.
  • Pelajari Ilustrasi yang Diberikan. Sebelum melakukan perjanjian, setiap agen asuransi biasanya akan menjelaskan beberapa hal tentang produk asuransi dalam berupa ilutrasi. Untuk itu, sebaiknya anda dapat memperhatikan setiap detail ilustrasi yang diberikan si agen asuransi tersebut.Lebih baik bertanya jika hal yang belum anda pahami. 
  • Sesuaikan Asuransi dengan Manfaatnya. Sebelum memilih program asuransi syariah ini, pastikan untuk lebih mengutamakan dalam hal membaca dahulu manfaat dan fitur program asuransi yang hendak kita beli. Semua sudah tahu, bahwa semua produk asuransi mempunyai manfaat dan keuntungan, tapi sejauh mana keuntungan yang akan didapat akan lebih bermanfaat untuk kebutuhan Anda. Dengan mengetahui jenis asuransi syariah ini berikut dengan manfaatnya, Anda akan lebih mudah untuk menentukan perusahaan asuransi syariah mana yang akan menjadi rekan bisnis Anda.
  • Tarif Premi Asuransi Syariah. Premi asuransi ini menjadi hal yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab si nasabah. Tetapi, premi asuransi dari satu perusahaan dibandingkan perusahaan lain bervariasi. Jadi tarif premi atau polis asuransi ini menjadi faktor untuk menentukan perusahaan asuransi syariah terbaik untuk Anda dana keluarga.
  • Memilih Agen Asuransi Syariah. Perusahaan asuransi syariah diwakili oleh seorang agen asuransi sebagai media yang menjembatani antara perusahaan dengan nasabah. Pilihlah agen penjual asuransi yang Anda percayai bisa memberikan penjelasan produk secara benar dan lengkap. Agen penjual yang profesional memiliki nomor keanggotaan AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia).
  • Pengelolaan Dana Asuransi Syariah. Sudah jelas bahwa sistem pengelolaan dana asuransi syariahmemakai sistem dan prinsip Al-Mudharabah. Jadi, sebelum memilih perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi ini, pastikan Anda mengtahui bagaimana sistem pengelolaan dana asuransi .

Demikian tips memilih asuransi syariah, semoga ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari produk asuransi untuk pribadi dan keluarga. (apuy)

Sumber : dgspeak.com/tips-memilih-asuransi-syariah-terpercaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*